Meditasi Gayatri

Meditasi Gayatri adalah melakukan meditasi dengan mengucapkan Mantra Gayatri secara berulang ( japa Gayatri ). Mantra Gayatri adalah ibunya mantra dalam kitab suci Weda. Dengan mengucapkan mantra ini maka akan dapat meralisasikan kitab suci Weda di dalam hati. Gayatri dikuasai oleh Dewi Gayatri, siapapun yang mengucapkan mantra ini, maka Tuhan dalam wujudNya sebagai Ibu semesta akan datang untunk merealisasikan adanya Brahman. Dewi Gayatri dilambangkan/ dilukiskan dengan seorang Dewi dengan lima wajah yang memiliki warna berbeda. Sebagai Ibu semesta , beliau memberikan kasih sayangNya kepada para baktaNya. Beliau adalah ibunya Brahma, Wisnu dan Siwa.  Meditasi ini difokuskan pada arti mantram dan visi dari Gayatri Dewi sebagai Ibu semesta.

OM BHUR BHUVAH SVAH , TAT SAVITUR VARENYAM , 
BHARGO DEVASYA DHIMAHI, DHIYO YO NAH PRACODAYAT
YA TUHAN, PENCIPTA KETIGA DUNIA, ENGKAU ADALAH SINAR YANG PATUT DISEMBAH, HAMBA MEMUSATKAN PIKIRAN PADA KECEMERLANGANMU, SINARILAH BUDHI / PIKIRAN HAMBA 

Persiapan melakukan Meditasi Gayatri
Sebagai umat hindu Bali, sebelum melakukan tekad penuh untuk  sadana Gayatri sebaiknya melakukan penglukatan terlebih dahulu. Dengan keyakinan mantap , mohon penglukatan di sanggah kamulan, memohon petunjuk dan perlindungan dari Leluhur. Dan banyak di kalangan Umat Hindu di Bali, mengira melukat itu untuk tujuan menjadi seorang pemangku. Tidak demikian maksud sebenarnya. Melukat di fungsikan untuk membersihkan diri secara fisik maupun bathin dari segala dosa - dosa. Dan juga sebagai wujud tekad bulat untuk melaksanakan ajaran spiritual secara serius. Dengan memohon kepada Bhatara Hyang Guru, maka kita akan dibimbing dan diberikan perlindungan. Karena berjalan di jalan spiritual akan banyak mengalami rintangan dan hambatan. Mencari Tuhan itu tidak gampang, karena Tuhan akan selalu menguji ketulusan kita dan keyakinan kita kepadaNya.
Melukat juga dapat dilakukan di bererapa tempat seperti di laut atau tempat khusus untuk  melukat, Pura Beji Dalem Pingit Sebatu Gianyar dan Pura Tirta Empul.
Meditasi dapat dilakukan ditempat khusus atau kamar suci, juga dapat dilakukan di sanggah / dadia / merajan. Terpenting adalah meditasi dilakukan ditempat tersebut secara rutin dan kontinyu. Untuk memudahkan fokus pikiran, sebaiknya didepan tempat meditasi dipasang gambar Dewi Gayatri.
Japa mantra Gayatri
Sebelum melakukan japa, awali dengan melakukan Trisandya, kemudian Panca Sembah. Setelah panca sembah lakukanlah doa-doa kepada Dewi Gayatri. Doa-doanya dapat dilakukan seperti berikut:
Amas te dewi gayatri  savitri tripadaksare
ajare amare matas trahi mam bhavasgarat
sembah kepadamu, o dewi gayatri, dewi matahari, dari suku kata tiga baris tanpa menua dan abadi, ibu lindungilah daku dari lautan kelahiran dan kematian
Ya sandhyamandalagata ya trimurti-svarupini
sarasvati ya savitri tam vande veda mataram
Sang dewi yang ada pada lingkaran sinarnya matahari, yang adalah berbentuk trimurti, yang adalah sarasvati maupun savitri, hamba menghaturkan sembah kepada gayatri, ibundanya Weda
Lakukanlah japa gayatri secara tulus, pikiran difokuskan pada makna mantram Gayatri. Japa dapat dihitung dengan menggunakan mala. Lakukanlah sadana ini secara rutin tiap hari, bisa dilakukan pada pagi dan malam hari. Dengan keyakinan, maka  pencerahan pasti akan dirasakan secara perlahan, karena dimanapun Gayatri diucapkan maka azas Brahman akan memberikan penerangan pada baktanya. Energi atau getaran halus dari Gayatri akan memberikan pencerahan tentang Brahman, dan pemenuhan segala keinginan. Namun jangan sekali-kali memanfaatkan Gayatri untuk menyakiti orang, karena akan berbalik pada kita. Gayatri adalah sepenuhnya anugrah dari Brahman, maka melakukan meditasi ini merupakan penyerahan diri sepenuhnya kepada Brahman Yang Agung.

1 komentar:

  1. mantap!!!!! silahkan mampir ke http://mustikapengasih.blogspot.com terimakasih

    BalasHapus

YANG PALING SERING DIBACA