FUNGSI GAYATRI MANTRAM

Tulisan ini bersumber dari seorang penekun spiritual, Beliau mengajarkan manfaat berjapa gayatri bagi umat hindu, serta bagaimana seharusnya kita memahami keberadaan Tuhan.

Sudah banyak diantara umat Hindu yang mengenal dan hafal mantra Gayatri, namun belum semua diantara yang hafal dan mengenal mantra Gayatri mengetahui apa saja kegunaan dari mantra yang sangat universal ini dan dianggap sebagai ibunya mantra. Untuk itu saya mencoba menyampaikan sedikit pengalaman  mempergunakan mantra Gayatri dalam kehidupan sehari-hari  dan dampak sampingan bagi kita untuk meningkatkan  tingkat spiritual masing-masing.
Sebelumnya, perlu diketahui yang lebih penting dari pada itu adalah pemahaman tentang keberadaan diri kita sendiri yaitu bahwa kita lahir ke dunia bukanlah seorang diri. Secara kodrat sudah ditentukan bahwa manusia itu lahir ke dunia bersama dengan delapan saudara kembarnya sehingga menjadi sembilan dengan dirinya. Empat berada di luar diri manusia dan lima berada di dalam diri manusia yang dikenal dengan sebutan “sedulur papat kelima pancer”. Sedulur papat kelima pancer ini adalah merupakan kunci utama dari berhasil atau tidaknya seseorang mengarungi kehidupan di dunia ini dan di dunia kelanggengan. Ketika kita mau makan, berangkat kerja, sembahyang dan sebagainya kita harus mengajak mereka bersama-sama, agar kita dijaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

    OM BHUR BUWAH SWAH
    (Ya Tuhan, Engkau penguasa alam nyata, alam gaib, alam maha gaib)
    TAT SAWITUR WARENYAM    
   (Engkaulah satu-satunya yang patut hamba sembah)
    BHARGO DEWASYA DHIMAHI
   (Engkaulah tujuan hamba dalam semadhi)
    DHIYO YO NAH PRACODAYAT
   (Terangilah jiwa hamba agar hamba berada dijalan yang lurus menuju Engkau)

MANTRA GAYATRI UNTUK MENGAGUNGKAN     DAN MENYEMBAH  TUHAN

 Dengan mengucapkan mantra Gayatri secara berulang-ulang minimal 108 kali sesering mungkin untuk mengagungkan, menyembah Dia, maka kita akan memperolah ketenangan jiwa dan pikiran, caranya Ucapkan pertama Om Awignham Astu Namo Siddham sebelum kita memulai suatu pekerjaan. Selanjutnya ajak saudara kita untuk sembahyang : Sedulurku papat kelima pancer, kakang kawah adi ari-ari kang lahir tunggal dine, tunggal jalan, kadangku tuwo lan sinom podo, mari kita sama-sama menyembah kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Waca. Ucapkan OM TAT SAT EKAM EVA ADWITYAM BRAHMAN, selanjutnya japa gayatri dengan khusuk.

  MANTRA GAYATRI UNTUK MENDOAKAN PARA  BHETARE DAN LELUHUR    KITA 

Betare yang duduk di sebuah pure, dulunya adalah manusia sama seperti kita. Bedanya, beliau pada waktu hidupnya sudah mempelajari, mengamalkan weda sehingga mencapai tingkat kesucian tertentu menurut kaca mata Tuhan dan diijinkan untuk menjadi Bhetare (pelindung). 
Contohnya : Mpu Gnijaya.
Terhadap beliau kita tidak perlu menyembah, akan tetapi mendoakan beliau, karena beliau belum mencapai tahapan puncak yaitu Aham Brahman Asmi (artinya masih bertugas/beryadnya sebagai pelindung). Caranya :
Ya Tuhan yang Maha Sempurna, semoga Engkau menganugrahkan kesempurnaan yang sejati ya sejatinya sampurna kepada Bhetare yang duduk di pure ini (atau sebut nama purenya). Hamba hadiahkan Gayatri Mantram 108 kepada beliau. Lakukan japa. Bagi yang frekwensinya sudah nyambung, Bhetare akan hadir melalui penglihatan mata bathin.

Kepada para leluhur, orang tua (almarhum) dapat dilakukan sebagai berikut :
Ya Tuhan Yang Maha Pengampun, semoga engkau mengampuni segala dosa dari para leluhur hamba, atau almarhum kedua orang tua hamba (sebut namanya), berikanlah tempat yang layak kepada mereka. Hamba hadiahkan Gayatri Mantram 108 untuk beliau. Leluhur yang kita doakan biasanya akan hadir dalam mimpi.
Gayatri Mantram adalah sebuah mantra yang khadamnya adalah kekuatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sangat tergantung dari tingkat kesucian pikiran dan hati dari yang mengucapkannya. Walaupun sepuluh orang sama-sama mengucapkan mantra Gayatri, tapi hasil tidak akan sama tergantung kesucian hati dan pikiran masing-masing.

Namun demikian, dengan lebih sering berjapa Gayatri Mantram kita akan sedikit demi sedikit dapat mencapai kesucian itu. Teruslah berjapa dan jangan pernah bosan. Lambat tapi pasti, ketenangan jiwa akan mulai terasa. Sabar, sabar, dan sabar, karena sabar itulah kunci dari kesuksesan kita.

21 komentar:

  1. saya setiap kali trisandya,pasti berjapa gayatri..tapi saya belum merasakan apapun..mohon petunjuknya... sukseme..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak usah merasakan sesuatu, menyatulah dengan mantram itu dan pasrahkan diri sepenuhnya ke dalam diri

      Hapus
    2. Saya sndri merasakan manfaat gayatri mantram. Dlm keadaan down sedih terpuruk ketika ditinggal org terkasih yg sy lakukan adalah mendengar gayatri mantram Dan sesekali mengucapkannya. Dan ketenangan mengalir, Dan menjadikan sy org yg tegar,. Perasaan nyaman selalu timbul saat dengar Dan ucapkan gayatri mantram.suksma hyang widhi.

      Hapus
  2. mungkin belum waktunya

    BalasHapus
  3. Om swastiastu..sy mempunyai mirah delima ..biasakah sy doakan biar powernya bagus ..dgn mantram gayatri..sukseme

    BalasHapus
  4. dalam hidup manusia ada yang namanya tingkatan spiritual, jadi ketika kita ber gayatri mantra hendaknya kita mengucaokan untuk keselamatan semua keluarga bukan untuk diri sendiri. niscaya akan ada hasilnya

    BalasHapus
  5. Ternyata saat semadhi itu kita hanya berjapa gayatri mantram. Sambil minta maaf dan memasrahkan diri kepada yang di atas.

    BalasHapus
  6. om santi santi santi om, saya ezza & saya Kristen tetapi saya merasa sangat tenang bila mendengar Mantram Gayatri, saya ingin bertanya apakah saya bisa belajar mantarm Gayatri walaupun saya Kristen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapapun mengucapkan Gayatri mantram tidak masalah, yang penting makna mantramnya di renungkan.....Tuhan itu hanya satu, kita yang menyebutnya dengan nama berbeda

      Hapus
    2. Tidak ada tuhan mu dan tidak ada tuhan ku. Tuhan kita satu namun cara kita menyebutnya berbeda. Tidak ada bahasa mu dan tidak ada bahasaku.. hanya cara kita mengagungkan tuhan yang berbeda. Klo menurut saya tidak ada batasan baik itu agama islam, hindu, kristen maupun budha. Lafal mungkin berbeda tp yang penting tujuan kita adalah tetap satu Hyang Manunggal Agung. Sukseme.

      Hapus
  7. saya stiap mendengar dan mengucapkan mantram gayatri pkiran&hati saya hening dan tenang! Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu melindungi,menjaga dan menyayangi semua umat'y!!! Om

    BalasHapus
  8. siapa saja sedulur papat kelima pancer apa hubungannya dengan kanda pat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kanda 4 ada diluar tubuh...sedangkan kelima pancer ada di dalam tubuh yaitu panca maha butha

      Hapus
  9. sangat bagus berjapa gayatri bagi umat hindu,
    :-)
    terimakasih

    BalasHapus
  10. OSA.sebelum tidur sy mengucapkan gaytri mantram.sy tujukan untuk almarhum bapak sy.ehh wkt tidur saya mimpikannya.tiada obat/kekuatan yg bisa menandingi DOA yg tulus ikhlas.OSSSO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngih patut nike, tiyang punya pengalaman sama, setelah berjapa di Sanggah, malamnya tyang mimpi rumah saya penuh dengan banten

      Hapus
  11. mohon dibabar lagi dari sadulur papat kelima pancer itu gan, kayaknya menarik

    BalasHapus
  12. kucoba coba melempar manggis....eh berjapa gayatri

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan yang mengajarkan japa gayatri di atas dari desa manggis karangasem

      Hapus
  13. Sy sudah merasakannya. Tiap hari sy mengucapkan tri sandhya & gayatri mantra. Ternyata besar sekali kekuatannya. Permasalan jdi bsa berkurang. Jdi tambah iklas & sabar. Suksme Hyang Widhi

    BalasHapus

YANG PALING SERING DIBACA